Sikap Apatis pada Politik Membuat Demokrasi Makin Menurun

TRENDS – Dalam roadshownya di Indonesia Timur, Ketua Umum Garda Pemuda NasDem Prananda Surya Paloh memberikan kuliah umum di Universitas Pattimura (Unpatti) Ambon, Senin, (26/2). Dalam kuliahnya, Prananda menyatakan pemuda-pemudi Indonesia cenderung apatis dan bersikap antipati dengan politik.

“Belakangan ini saya merasakan mahasiswa dan pemuda-pemudi Indonesia mulai cenderung apatis dan anti berpolitik, atau terlalu otokritik,” ujar Prananda di Ambon.

Disebutkan politisi muda NasDem itu, sikap apatis dan anti politik, dikarenakan ada kecenderungan hanya melihat sisi negatif politik, tetapi tidak memandang kontribusi positif terhadap kemajuan demokrasi.

Hal itu, menurut Prananda, juga dipengaruhi oleh arus perpolitikan di Indonesia masa kini, banyaknya politisi senior yang tidak bisa menjadi sosok teladan dan tidak begitu mengutamakan kepentingan rakyat.

“Suka tidak suka inilah wajah potret perpolitikan Indonesia saat ini, politisi-politisi kita sendiri tidak memberikan teladan yang baik, tetapi saya yakin dan percaya hari ini masih ada yang mementingkan rakyat,” tegasnya.

Ditambahkan Prananda, bersikap apatis hanya akan membuat pola demokrasi semakin menurun. Pemuda sebagai tonggak bangsa harus membuat perubahan dengan ikut terlibat dalam membangun demokrasi dan politik.

Berpartisipasi dalam politik tidak harus menjadi kader partai tertentu ataupun menjadi seorang politisi, tetapi bisa dilakukan dengan tidak abstain atau golput dalam Pemilihan Umum (Pemilu).

“Justru kalau pemilih-pemilih pemula tertarik untuk berpolitik, ini adalah bibit-bibit yang mungkin suatu hari menjadi pemimpin yang baik. Saya mengajak teman-teman pemuda-pemudi Indonesia agar melek berpolitik, tidak usah menjadi kader partai atau langsung menjadi politisi,” ucapnya.

Prananda Surya Paloh berada di Ambon sejak 25 Februari 2018 dalam rangkaian roadshownya di Indonesia Timur. Selain meresmikan Garda Pemuda NasDem di Kabupaten Seram Bagian Barat, Prananda juga berkesempatan memberi kuliah umum di Universitas Pattimura (Unpatti) Ambon.

Roadshow ini juga bentuk konsolidasi internal Partai NasDem menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada), Pemilihan Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Presiden (Pilpres) mendatang.

“Siapapun yang kita usung, kita berharap menang dan bisa memberikan kontribusi besar kepada bangsa dan negara, khususnya kepada Presiden Joko Widodo agar bisa memimpin dalam dua periode lagi,” ucapnya.