Ini Bukti Permainan Batu Bara di PLTU Ombilin

Kuat dugaan ada permainan terkait pasokan batu bara untuk pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) di Ombilin, Sumatera Barat.

Menurut anggota Komisi VII Endre Saifoel, dari hasil kunjungannya kesana, terlihat jelas ada permainan. Buktinya, jumlah pasokan batu bara berserta harganya jadi berlipat ganda.

Endre menjelaskan, batu bara yang di pasok dari Jambi tersebut speknya tidak masuk untuk PLTU. Hal tersebut sudah bisa dipastikan dengan melihat perbedaan GAR atau AR-nya yang mencapai 1.000 kalori. PLTU Ombilin didesain menggunakan batu bara yang ada di Sawah Lunto, yang speknya sesuai. Selain itu ia desain untuk kalori yang AR-nya 6.900. Sedangkan batu bara dari Jambi AR-nya cuma 4.500.

‎”Speknya tampak tidak sama dengan spek yang di butuhkan,” ungkapnya.

Menurut Endre, efek dari spek yang dipaksakan ‎ini adalah pasokan listrik yang menjadi bagi daerah penerima. “Sebab mesin penggeraknya ga akan bekerja‎ maksimal,” tambah Legislator dari Fraksi NasDem ini.

Tidak hanya dalam soal spek batu bara, dalam hal penyediaan pun ada masalah. Batu bara yang di pasok seharusnya cuma 1.000 ton namun meningkat menjadi 3.000 ton.

“Tentu ini merugikan PLN dan negara,” demikian Endre.